Manfaat wortel bagi Kesehatan

Manfaat Wortel
Manfaat wortel - “Wortel !” sayuran yang sudah tidak asing di telinga kita, karena wortel merupakan sayuran yang familiar. Sayuran wortel sangat mudah kita temui di sekitar kita dan merupakan sayuran yang banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, atau bisa di rata-ratakan hampir semua menyukai sayuran ini.

Banyak sekali olahan makanan yang menggunakan bahan dari wortel, selain rasanya yang enak, manis, dan teksturnya yang renyah, wortel juga memiliki banyak manfaatnya. Jadi jika Anda kurang suka atau bahkan benci dengan sayuran yang satu ini bisa dikategorikan orang yang rugi, karena Anda tidak akan mendapatkan khasiat dan manfaatnya.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Daucus carota ini memang dikenal sebagai makanan favorit si kelinci, akan tetapi bukan berarti kita akan ikut keluarga kelinci jika kita menyukainya. Hehe

Banyak sekali kandungan gizi yang ada pada wortel misalnya vitamin A, B, C, K, karbohidrat, protein, lemak, kalori, serat, niacin, dan mineral. Pokoknya kandungan-kandungan yang ada dalam wortel sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Anda insya allah tidak akan menyesal jika menyantumkan sayuran ini ke dalam makanan favorit dan sering mengkonsumsinya.

Berikut beberapa manfaat wortel yang bermanfaat bagi tubuh.
  1. Kesehatan mata
    Ini manfaat wortel yang sangat familiar di kalangan kita, yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut disebabkan karena wortel banyak mengandung vitamin A atau betakaroten yang sangat diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak untuk menyembuhkan mata akibat kebutaan, akan tetapi kandungan ini bisa untuk mencegah terjadinya rabun mata dan memperbaiki penglihatan mata yang mulai melemah. Wortel memiliki sifat antioksidan yang bisa mencegah terjadinya katarak yang sering menimpa kepada orang tua atau lansia. 
  2. Mencegah kanker
    Seseorang yang kekurangan zat betakaroten memiliki resiko terkena penyakit kanker paru-paru. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sekali bagi kita yang kekurangan zat betakaroten seperti para perokok, untuk sering mengkonsumsi wortel atau bahan makanan lainnya yang mengandung betakaroten tinggi untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru. Selain kanker paru-paru, betakaroten yang bersifat antioksidan ini juga bisa mencegah terjadinya kanker tenggorokan, mulut, usus, lambung, pankreas, dan payudara.
  3. Memperbaiki sistem pencernaan
    Kandungan serat pada wortel sangat baik untuk pencernaan karena akan memberikan efek kenyang lebih lama. Sementara itu kandungan betakaroten-nya juga bisa  membersihkan liver atau hati dari racun dan membuang lemak dalam tubuh.
  4. Mencegah penyakit jantung
    Kandungan wortel bukan hanya betakaroten, akan tetapi wortel juga memiliki kandungan lutein dan alfakaroten. Seseorang yang rajin mengkonsumsi wortel bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 22%. Mengkonsumsi wortel kurang lebih 5 kali dalam seminggu juga bisa mengurangi resiko terkena serangan stroke hingga 68%.
  5. Mengatasi luka bakar
    Wortel yang ditumbuk halus lalu dioleskan pada luka yang terbakar bisa mengurangi rasa sakit dan bisa mengurangi risiko kulit melepuh.
  6. Mengatasi sembelit
    Air perasan wortel yang diminum secara teratur bisa mengatasi masalah sembelit. Caranya ambil wortel kurang lebih 2 buah lalu parut dan peras ambil airnya kemudian minum 2 x sehari.
  7. Mengatasi nyeri saat haid
    Ketika haid datang bisanya rasa nyeri juga ikut dirasakan. Dengan meminum jus wortel kurang lebih 2 x sehari bisa mengurangi rasa nyeri saat haid. Caranya ambil 2 buah wortel lalu potong-potong kemudian blender. Untuk memberikan sedikit rasa, Anda bisa menambahkan gula atau madu.
Demikian artikel tentang manfaat wortel bagi kesehatan, semoga bermanfaat! Jika Anda memiliki artikel lain tentang manfaat wortel bisa share di sini. Terima kasih!

Anda juga bisa membaca artikel lain yang tidak kalah menarik. Khasiat kulit pisang bagi kesehatan atau khasiat buah naga bagi kesehatan.


Post a Comment