Hidup Adalah Sebuah Perjalanan


Tiada kehidupan didunia ini yang tidak berpindah tempat dan ruang, semuanya mengalami pergerakan dan pergeseran. Seperti layaknya seorang bayi yang baru tumbuh dan berkembang, hidup-pun mengalami proses itu. Hidup selalu bergerak, sebab segala aspek kehidupan ini selalu mengalami perkembangan. Suatu kali berada diawal, dilain waktu berada ditengah, dan disaat lain berada diakhir. Tanpa ada gerakan, sama saja hidup tidak mengalami peningkatan dan kemajuan alias diam ditempat atau malah mati.

Dari waktu kewaktu, diri kita selalu bergerak menuju suatu tempat, meski mungkin badan berada di satu tempat namun jiwa dan hati  tidak bisa diletakan pada satu tempat. Ia akan terus berkelana menembus ruang dan waktu. Kita diciptaan menjadi pemilik kehidupan yang berorientasi pada Sang Pencipta. Kita bergerak karena ada sesuatu yang ingin diraih,di mana terdapat kepuasan dan kepenuhan yang mungkin hanya sementara. Apapun hasilnya, jiwa dan nurani kita yang mengelolanya.

Dalam setiap perjalanan kehidupan, kita harus belajar untuk mencari fase baru , tanpa harus membenci atau mengecilkan tempat di mana kita berada sekarang ini. Meski terkadang diri kita  malah kehilangan cara menikmati hidup, namun tetap saja memberi kita wawasan tentang bagaimana cara menjalani kehidupan. Bukankah selalu ada khikmah dari setiap perjalanan meski terkadang kita sulit menterjemahkanya. 

Hidup adalah sebuah perjalanan. Segala yang ada di dalamnya adalah bagian dari suatu proses. Hidup tak pernah berhenti, bahkan saat diam pun hidup tetap berjalan, jalan yang dilalui pun tak akan pernah sama, penuh liku liku dan perubahan. Dan hanya kemauan dan keyakinan yang dapat mengalahkan hidup sebab dalam suatu perjalanan hidup, cita-cita terbesar adalah menuju kesempurnaan. Hidup memang tidak pernah sempurna, selalu ada alasan dari setiap peristiwa, meski kita terkadang tak pernah mengerti alasannya, tapi ia selalu memberikan pelajaran. Semoga dari setiap persinggahan perjalanan hidup, kita menemukan dermaga akhir tempat berlabuh, satu tempat yang nyaman dan aman tempat melepas peluh, selamat dari hiruk pikuk kepalsuan dunia. Semoga!!!

Post a Comment